Tugas Ilmu Sosial Dasar

1.  Jelaskan hakikat ilmu sosial dasar !

Ilmu Sosial Dasar (ISD) sebagai hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan ini dapat diwujudkan dengan kenyataan sosial dan kenyataan sosial inilah yang menjadi titik perhatiannya. Dengan Demikian Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi lingkungan sosial. Ilmu sosial bukanlah suatu bidang keahlian ilmu-ilmu sosial tertentu, seperti politik, antropologi dan sebagainya, tetapi menggunakan pengertian-pengertian berasal dari berbagai bidang ilmu sosial seperti ilmu politik, sosiologi, sejarah dan sebagainya.

2.  Jelaskan tujuan dan ruang lingkup ilmu sosial dasar !

Ilmu Sosial Dasar bertujuan untuk membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih baik dan luas.

Ruang lingkup ilmu sosial dasar yaitu hubungan dengan suatu perkembangan masyarakat dan kebudayaan dengan masalah kependudukan, masalah individu, keluarga dan masyarakat, masalah pemuda dan sosialisasi.

3.  Apa yang menjadi kajian ilmu sosial dasar !

Kajian ilmu sosial dasar adalah:
* Realita atau masalah bersama yang merupakan masalah sosial yang dapat ditanggapi melalui pendekatan suatu disiplin ilmu sosial.
* Keanekaragaman golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang mengakibatkan kerjasama atau pertentangan dengan ilmu sosial.

4.  Apa yang dimaksud dengan masalah sosial !

Dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu dihadapkan pada berbagai masalah sosial. Masalah sosial pada hakikatnya merupakan bagian dari kehidupan manusia karena masalah sosial telah terwujud sebagai hasil kebudayaan manusia itu sendiri, sebagai akibat dari hubungan-hubungannya dengan sesama manusia lainnya. Masalah-masalah sosial pada setiap masyarakat manusia berbeda satu sama lain karena adanya suatu tingkatan perkembangan kebudayaan dan masyarakatnya yang berbeda serta lingkungan alamnya. Masalah-masalah tersebut terwujud sebagai: masalah sosial, masalah moral, masalah politik, masalah agama dan masalah lainnya.Yang membedakan masalah-masalah sosial dari masalah lainnya adalah masalah-masalah sosial selalu ada kaitannya yang dekat dengan nilai-nilai moral dan pranata-pranata sosial, serta selalu ada kaitannya dengan hubungan-hubungan manusia dan dengan konteks normatif dimana hubungan-hubungan manusia itu terwujud. Pengertian masalah sosial ada dua, pertama menurut umum dan kedua menurut para ahli. Menurut umum atau warga msyarakat bahwa segala sesuatu yang menyangkut pada kepentingan umum adalah masalah sosial. Menurut para ahli masalah sosial adalah suatu kondosi atau perkembangan yang terwujud dalam masyarakat yang berdasarakan studi mereka yang mempunyai sifat dapat menimbulkan kekacauan terhadap kehidupan warga masyarakat secara keseluruhan.

5.  Jelaskan perbedaan antara pengetahuan budaya dan ilmu budaya dasar !

* Pengetahuan budaya adalah suatu ilmu atau suatu informasi dalam budaya untuk memahami pertalian dalam suatu kelompok.

* Ilmu budaya dasar adalah suatu ilmu yang mengkaji tentang pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang telah dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.

 

Sumber:  * http://www.scribd.com/doc/47442043/ILMU-SOSIAL-BUDAYA-DASAR

               * http://tugaskuliah-ilham.blogspot.com/2011/03/ilmu-sosial-budaya-dasar.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: