Semangat nasionalisme dan mahasiswa

Semangat nasionalisme bukan merupaka suatu hal yang instan, namun merupakan sebuah proses yang ditunjukan dengan bukti-bukti tindakan, sehingga wujud nasionalisme tidak bisa diukur dengan beberapa aktivitas yang bersifat ceremoni, namun yang harus dibangun adalah kecintaan terhadap bangsa Indonesia yang lebih ditingkatkan pada proses tersebut. Hal itu disampaikan Pengamat Sosial dari Universitas Islam Indonesia UII Yogyakarta Tantowi, dalam Dialog Pro3RRI pagi ini.

Sebagai Pelajar atau Mahasiswa, semangat nasionalisme bukan dibangun berdasarkan semangat heroisme seperti jaman dulu, namun lebih dengan semangat untuk memanfaatkan waktu untuk meningkatkan suatu kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) mereka agar siap berkompotisi sesuai tuntutan bangsa.

Fenomena yang muncul saat ini, para pemuda penerus bangsa sudah terpengaruh oleh budaya Informasi dan teknologi, sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk mengambil manfaat-manfaat dari teknologi informasi itu jauh lebih sedikit. Seharusnya Kaum muda melakukan studi kajian terhadap ilmu pengetaghuan itu sendiri yang menjadi bekal untuk bersaing untuk masyarakat luas. Para pelajar saat ini juga mengalami penurunan dalam tingkat membaca, sebab budaya teknologi dan informasi mendorong kaum muda mendapatkan hal-hal yang bersifat pragmatais.

Penghayatan dan pendalaman terhadap ideologi bangsa tidak bisa dianggap remeh, sebab bagaimana mungkin sebuah nasionalisme dibangun tanpa nilai-nilai ideologis yang tumbuh dalam kehidupan sehari-hari. Para pemuda harus mampu menunjukan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Bagaimanapun pemahaman nasionalisme harus lebih di tanamkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: